Pasar Van Der Capellen, Destinasi Digital Baru di Tanah Datar

0
3

SEJAK diresmikan tiga minggu lalu atau tepatnya pada Minggu (30/9/2018), peminat pengunjung ke Pasar Van Der Capellen terus membludak.

Imbasnya, puluhan juta beredar di Pasar Destinasi Digital di Kabupaten Tanah Datar tersebut. Sejak itu pula perekonomian masyarakat terutama para pedagang yang ikut berpartisipasi di pasar dengan konsep Pasar Minangkabau tempo dulu itu meningkat.

Konsep pasar sendiri, selain menampilkan gaya kuno, para pengunjung juga dapat menikmati kuliner kuno ala Minangkabu yang berasal dari setiap daerah yang ada di Tanahdatar khususnya.

Hal inilah yang menjadi penarik tersendiri bagi para pengunjung untuk selalu memadati Pasar Van Der Capellen yang berlokasi di halaman bekas Benteng Van Der Capellen itu.

Pasar Van Der Capellen ini terwujud berkat kerjasama antara GenPI Sumatera Barat, GenPI Tanahdatar bersama Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Tanahdatar.

Di Pasar ini, para pengunjung dapat menemukan kuliner kuno ala Minangkabau seperti, Kue Talam, Bubur Kampiun, Katupek Pitalah, Katupek Pato, Kerupuk Kuah, Lontong Gulai, Lontong Pical, Lemang Tapai, Air Aka, dan banyak menu kuliner kuno lainnya.

Para pedagang dan pengunjung sendiripun selama berada di Pasar Van Der Capellen juga memakai pakaian adat Minangkabau lama, seperti baju Kuruang Basiba, Baju Taluak Balango, Peci, dan lain sebagainya.

Di Pasar ini selain menikmati kuliner dan tradisi adat budaya Minangkabau saisuok (tempo dulu), para pengunjung juga dapat menemukan beragam permainan tradisional seperti enggrang, tangkelek panjang, buayan, dan banyak lagi permainan lainnya.

Selain itu, di beberapa titik juga terdapat beberapa spot foto selfie untuk para pengunjung berfoto selfie. Pasar ini makin digemari oleh para pengunjung, hal itu terlihat dari terus meningkatnya jumlah pengunjung setiap minggu yang selalu menunjukan grafik meningkat. Transaksi yang terjadipun juga meningkat setiap pekannya. Di Pasar ini transaksi tidak menggunakan uang rupiah, akan tetapi memakai koin ala Pasar Van Der Capellen yang disediakan di pintu masuk pasar.

Bupati Tanah Datar Irdinansyah Tarmizi berharap agar pasar ini dapat menjadi wisata unggulan di Tanahdatar.

“Semoga pasar ini menjadi eksis dan dapat membantu perekonomian masyarakat kita, oleh karena itu kelola dengan baik dan terus lakukan inovasi agar Tanah Datar semakin terdepan,” ujar Bupati.

Pasar Van Der Capellen ini juga sudah di kunjungi oleh Kapolda Sumbar Irjen Pol Fakhrizal yang juga membawa Wakapolda Sumbar dan seluruh pejabat utama di lingkungan Polda Sumbar. Kunjungan tersebut juga diikuti Kapolres kabupaten/kota di Sumbar. Hadir juga keluarga besar Bhayangkari Polda Sumbar yang dipimpin Ny Ade Fakhrizal.

Jadi, jika anda ingin menghabiskan waktu untuk liburan ke Kabupaten Tanahdatar, jangan lupa untuk singgah ke Pasar Van Der Capellen ya. Dijamin liburan Anda akan bewarna.

Tinggalkan Balasan