Pantai Trikora: Menggapai Keindahan Pesisir Selatan Pulau Bintan

0
57

Sekilas

Pantai pasir putih membentang panjang dihiasi batu-batu besar yang tersebar di pinggiran lautnya. Garis pantainya mencapai 25 kilometer, bersanding di tengah semilir angin yang meniup ribuan pohon kelapa. Keindahan Pantai Trikora seakan menyapa pengunjung untuk menghampiri dan menikmatinya.

Pantai Trikora memiliki pemandangan dramatis yang menyempurnakan keindahan Pulau Bintan, Provinsi Kepulauan Riau. Ini adalah tempat populer bagi wisatawan yang datang bersama keluarga, bahkan disebut-sebut sebagai salah satu pantai terindah yang banyak dikunjungi wisatawan di Pulau Sumatera.

Ada yang menyebutkan bahwa nama Trikora diadopsi dari sebutan three coral namun ada versi lain yang mengaitkannya dengan Tri Komando Rakyat karena Pulau Bintan pernah dijadikan wilayah pertahanan terluar Indonesia pada saat masa pemerintahan Presiden Soekarno.

Deretan kelong atau perangkap ikan adalah hal menarik yang bisa Anda temukan di sini. Di dekatnya berjajar kapal-kapal yang menemani nelayan menunggu ikan tangkapan mereka, seperti ikan teri ataupun ikan bilis yang begitu terkenal di Bintan.

Kelong merupakan bangunan dari kayu yang digunakan untuk memasang jaring di tengah laut. Bangunan ini ditopang oleh drum-drum plastik agar dapat mengapung di permukaan laut. Penangkapan ikan dengan metode kelong apung disukai nelayan karena posisinya dapat dipindah-pindah sesuai keinginan.

Hal istimewa lainnya, Anda akan menemukan Goa Santa Maria di seberang pantai ini. Goa tersebut konon dibangun pengungsi Vietnam yang sedang mencari daerah aman karena peperangan di negaranya. Goa indah ini dihiasi pohon besar dan dedaunan yang menggantung di sekitar mulut goa. Keberadaan warna-warni bunga bougenvil pun semakin memperindahnya. Goa menawarkan area yang teduh bagi mereka yang ingin berdoa dengan khusyu. Di dekatnya terdapat gereja putih kecil nan indah.

Kegiatan

Rasakan serunya menangkap ikan dengan kelong-kelong yang disewakan untuk wisatawan. Anda yang hobi memancing akan memulai kegiatan ini pada malam hari agar ikan yang didapat lebih banyak.

Trikora biasanya ramai pada akhir pekan atau liburan panjang. Tak lain karena keluarga turut serta membawa anak-anak mereka untuk bermain air di sini. Pantai tidak memiliki ombak yang besar dan dipenuhi pepohonan yang teduh sehingga dapat membuat Anda berlama-lama di sini. Sempurnakan waktu santai Anda dengan menyeruput air kelapa dari buah yang dipetik langsung dari pohonnya. Tersedia juga berbagai macam olahraga air seperti banana boat, kano,  dan sebagainya.

Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Bintan terletak di Pantai Trikora, menempati bangunan warna-warni yang pernah digunakan untuk lomba MTQ.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai pariwisata dan aktivitas di Pantai Trikora, Anda bisa mengunjungi pihak berikut.

Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Bintan

Jalan Trikora Km. 36

Teluk Bakau, Gunung Kijang

Kabupaten Bintan

Tlp. (0771) 7011566

Fax. (0772) 7011577

Website: www.bintantourism.com

Mulai dari homestay kecil hingga hotel berbintang tersedia di sini, Anda juga dapat menginap di Tanjung Pinang, ibukota Provinsi Kepulauan Riau yang letaknya tidak jauh dari pantai. Berikut ini adalah beberapa daftar hotel yang berada di dekat Pantai Trikora.

Sahid Bintan Beach Hotel

Jalan Pantai Trikora Km 30

Teluk Bakau, Pantai Trikora

Bintan, Kepulauan Riau

Bintan Cabana Beach Resort

Jalan Pantai Trikora Km 36,

Teluk Bakau

Bintan, Kepulauan Riau

Bintan Spa Villa Beach Resort

Jalan Pantai Trikora Km 38,

Teluk Bakau,

Bintan

Aston Tanjung Pinang Hotel

Jalan Adisucipto 11

Tanjung Pinang, Bintan

Kepulauan Riau

www.aston-international.com

Hotel Pelangi

Jalan D.I Panjaitan Km 6

Tanjung Pinang

Telp. (0771) 41234

Kuliner

Selepas menikmati Pantai Trikora, mampirlah ke kawasan Sungai Enam yang menjadi distrik kuliner. Bintan terkenal dengan otak-otak ikan yang lezat dan berbeda dari tempat yang lain. Tampilannya mirip  pepes ikan tenggiri yang digiling lembut. Cobalah mencicipi otak-otak yang masih hangat.

Penggemar siput laut harus mencoba gonggong yang khas dari Sungai Enam, Bintan Timur. Gonggong lebih besar dari siput laut lainnya dan memiliki rasa mirip dengan cumi. Biasanya gonggong direbus kemudian dinikmati bersama sambal kacang.

Transportasi

Pantai Trikora terletak di Desa Malang Rapat, Kecamatan Gunung Kijang, Pulau Bintan, Provinsi Kepulauan Riau. Dari Tanjung Pinang, dibutuhkan waktu sekira 45 menit mencapai Pantai Trikora dengan mobil. Trikora biasanya disertakan di dalam paket tur Pulau Bintan, disamping mengunjungi Tanjung Pinang dan Pulau Penyengat.

 

Tinggalkan Balasan