SERANG – Dinas Pariwisata Provinsi Banten secara resmi pengukuhan pengurus Generasi Pesona Indonesia (GenPI) di 4 daerah yang berada di Provinsi Banten yang berlangsung Senin (26/2/2018) di Aula Dinas Pariwisata setempat.

“Kami berharap pengurus GenPI Banten dan di daerah bisa kompak serta bersama-sama mempromosikan potensi wisata yang ada di Banten,” ungkap Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Banten Eneng Nurcahyati, usai pengukuhan yang turut dihadiri Ketua GenPI Nasional Mansyur Ebo dan Staf Khusus Kementerian Pariwisata Indonesia Bidang Komunikasi Don Kardono.

Eneng menegaskan, GenPI merupakan wadah komunitas yang memiliki ketertarikan sama di bidang pariwisata. Alur organisasi dan komunikasi yang dilakukan sebisa mungkin tidak terlalu kaku agar keberlangsungan promosi wisata dapat dilakukan dengan cepat dan fleksibel.

“Tetap dijaga koordinasi dan silaturahminya, karena tujuan kita sama-sama mempromosikan wisata,” kata Eneng didepan seluruh perwakilan 4 daerah GenPI, yakni Kabupaten Lebak, Kabupaten Pandeglang, Kabupaten Tangerang, dan Kota Tangerang.

Sementara itu, Don Kardono berharap program kerja Genpi memperhatikan Creative Value dan Commercial Value dalam menjalankan program promosi wisata. “Komunitas GenPI yang bergerak di media sosial untuk memposting destinasi wisata, Calender of Events dan Kebijakan Kepariwisataan. Hampir semua aktivitasnya di online. Salah satu bentuk event offline adalah membuat Pasar Destinasi Digital,” ujar Don.

Don menambahkan, GenPI dapat mengagas destinasi wisata baru yang instagramable dan punya banyak spot selfie. “Yang bisa buat nge-vlog, bikin banyak bergaya foto, yang gambarnya keren. Dan ini menjadi destinasi baru, destinasi yang lain diunggah di media sosial, mengajak netizen untuk kopi darat di satu tempat secara rutin,” tandasnya.

Tak hanya itu, Don juga mengingatkan bahwa ada beberapa hal penting yang tidak boleh di bahas dalam Komunitas GenPI, yaitu isu SARA, hoax, dan politik. Hal ini bertujuan agar tidak terjadi dampak buruk terhadap dunia pariwisata di Indonesia.

Selain pengukuhan pengurus GenPI 4 daerah di Provinsi Banten, dalam kegiatan tersebut juga diisi dengan diskusi mengenai Komunikasi Digital yang disampaikan Dosen Komunikasi Abdul Hamid. Kemudian Kebijakan Bermedia Sosial yang disampaikan oleh Kepala Bidang Aplikasi Informatika dan Komunikasi Publik Dinas Kominfo Provinsi Banten Dwi Yudo Siswanto. Serta pelatihan fotografi fotografer Femina Deni Herlianso dan yang tak kalah menarik komunitas GenPI diajak untuk melihat salah satu destinasi wisata yang ada di Kabupaten Serang di pesisir Pantai Anyer yaitu Mercusuar Anyer atau Titik Nol.

Tinggalkan Balasan