BANDA ACEH – Museum Tsunami Aceh yang terletak di Jalan Iskandar Muda Banda Aceh mulai Sabtu, 15 Juni 2024 tutup sementara untuk operasional. Bangunan yang memiliki ikon sebagai pengingat simbolis bencana gempa dan tsunami 2004 silam itu bakal buka kembali pada Rabu, 19 Juni 2024 mendatang.

Kepala UPTD Museum Tsunami Aceh, M Syahputra AZ menjelaskan, alasan museum tidak beroperasi mulai akhir pekan ini dikarenakan sebagian besar masyarakat untuk wilayah Aceh memperingati hari Meugang dalam rangka menyambut Iduladha 1445H.

“Sedangkan Senin dan Selasa atau 17-18 Juni 2024 merupakan Iduladha 1445 Hijriah sebagai hari libur nasional dan cuti bersama berdasarkan Surat Keputusan Bersama (SKB) 3 Menteri,” kata Syahputra, Kamis, 13 Juni 2024 di ruang kerjanya.

Museum Tsunami Aceh, lanjutnya, buka kembali untuk pelayanan publik, Rabu, 19 Juni 2024 sebagaimana biasa sesuai dengan jam operasional.

“Walaupun Pemerintah Aceh meliburkan hari kerja untuk tanggal 19 dan 20 Juni 2024 melalui Keputusan Gubernur Aceh, kita tetap melayani kunjungan mengingat tingginya animo masyarakat,” imbuhnya.

Sehubungan dengan itu, kepada masyarakat yang akan berkunjung kemuseum, selalu update informasi terkait Museum Tsunami Aceh lewat platform media sosial museum terkait jadwal, harga tiket, dan lainnya.

“Jika terjadi kendala atau perlu informasi lanjutan bisa menghubungi admin melalui saluran chat,” tutup Syahputra.

Leave a Reply