SAWAHLUNTO – Sawahlunto International Songket Silungkang Carnaval (SISSCa) ke-5 tahun 2019 dibuka resmi dibuka Minggu (8/9/2019).

Dalam pembukaan yang dihadiri langsung Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Rebuplik Indonesia, Muhadjir Effendy tersebut menampilkan keberagaman desain Songket Silungkang.

Pelaksanaan SISSCa ke-5 tersebut mendapat pujian dari Mendikbud. Dikatakannya, SISSCa merupakan kreatifitas Sawahlunto dalam memberi nilai tambah (branding) pada Songket.

  • Sawahlunto International Songket Silungkang Carnaval
  • Sawahlunto International Songket Silungkang Carnaval
  • Sawahlunto International Songket Silungkang Carnaval

“Era industri 4.0 sekarang ini, dalam kompetisi yang sangat menantang, maka setiap produk yang ditawarkan ke pasar harus ada branding dan unique sellingnya. Sehingga, butuh daya kreatif dan inovatif dalam mengelola itu,” ujarnya.

Menurut Muhadjir, penyelenggaraan SISSCa termasuk dalam daya inovatif Sawahlunto untuk membranding Songket Silungkang.

“Bagus sekali, publik jadi tahu bahwa Songket Silungkang dari Sawahlunto ini kaya dengan sejarah dan budaya serta didesain dengan sedemikian rupa dalam beragam pola,” jelasnya.

Lebih dari 100 tim, termasuk dari mancanegera yang berasal dari mahasiswa asing ikut ambil bagian dalam kegiatan SISSCa tersebut.

Saat ini, Kota Sawahlunto resmi masuk daftar Situs Warisan Budaya Dunia UNESCO dalam pergelaran sesi ke-43 Pertemuan Komite Warisan Dunia di Kota Baku, Azerbaijan.

Sawahlunto ditetapkan UNESCO sebagai World Heritage alias Situs Warisan Dunia dengan nama Ombilin Coal Mining Heritage of Sawahlunto.

Wali Kota Sawahlunto Deri Asta mengatakan, SISSCa 2019 disemarakkan dengan penampilan peserta pertukaran pemuda dari mancanegara yakni dari Singapura, Korea, Malaysia, Malagasi, Thailand, Hamburg, Phnompen dan Jepang.

Melalui SISSCa diharapkan dapat lebih memperkenalkan situs warisan dunia ini juga momen strategis untuk mengangkat citra kerajinan Songket Silungkang dan pariwisata Kota Sawahlunto.

Sawahlunto International Songket Silungkang Carnaval
SHARE

Leave a Reply