Sebanyak 52 Event pariwisata akan diselenggarakan di Provinsi Sumatera Barat pada tahun 2019 ini. Tiga diantaranya masuk ke dalam 100 Calendar of Event (CoE). Tiga Event unggulan Sumbar itu adalah Pasa Harau Art and Cultural Festival, Tour De Singkarak (TdS), dan Festival Budaya Minangkabau.

Seluruh Event wisata tersebut diharapkan menjadi magnet untuk mendatangkan wisatawan Nusantara ataupun wisatawan mancanegara ke Sumbar.

Menteri Pariwisata, Arief Yahya, mengatakan, diselenggaakannya 49 Event di Sumatera Barat merupakan salah komitmen turut andilnya CoE untuk memajukan daerah.

“Setiap bulan ada empat Event pariwisata yang berlangsung di Sumbar. Banyaknya Event ini menunjukan keseriusan para pemimpin daerah termasuk gubernur, walikota ataupun bupati di Sumbar dalam memajukan pariwisata. 50 persen keberhasilan pariwisata di daerah ditentukan oleh CEO Commitment,” ujarnya dalam ‘Launching Calendar of Event Sumatera Barat 2019’ di Kementerian Pariwisata, Jakarta Pusat, Rabu, (14/8), yang dihadiri AkuratTravel.

Sementara, menurut Gubernur Sumbar, H. Irwan Prayitno, Sumbar terus akan mempromosikan daerahnya dan meningkatkan kunjungan wisatawan ke Sumbar. Terbukti, dengan giatnya promosi, pendapatan per kapita Sumbar kini telah meningkat.

“Orientasi pariwisata pasti meningkatkan kunjungan wisnus dan wisman. Bahkan juga meningkat dratis mengurangi angka kemiskinan dan pengagguran. Hal ini dikarenakan karena melakukan promosi yang luar biasa oleh Kemenpar. Kalau wisata bagus tanpa promosi, rasanya percuma dan tidak ada dampaknya,” jelasnya.

Irwan menambahkan, pada tahun 2019 ini, Sumbar menargetkan pertumbuhan kunjungan wisman sebesar 7,5 persen.

“Tahun lalu, kunjungan wisman sebanyak 54.369 orang. Sedangkan, tahun 2019 ini kita menargetkan 58.447 wisman yang berkunjung ke Sumbar,” pungkasnya.

SHARE
Admin
GenPINews.com merupakan buah karya dari Generasi Piknik Indonesia yang dikelola oleh Tim Redaksi GenPI News Indonesia dengan jaringan yang ada di seluruh Indonesia.

Leave a Reply