BANDA ACEH – Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Aceh menggelar kegiatan wisata religi Festival Ramadhan 2019 yang menyuguhkan ragam kegiatan menarik bernuansa Islami kepada wisatawan khususnya dan masyarakat.

“Festival Ramadhan yang digelar Pemerintah Aceh melalui Disbudpar ini merupakan bagian promosi wisata halal khususnya dan meningkatkan kunjungan wisatawan ke Aceh,” kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh Jamaluddin di Banda Aceh, Selasa (7/5/2019).

Ia menjelaskan Festival Ramadhan yang akan berlangsung di Taman Budaya Banda Aceh ini menjadi daya tarik wisata khususnya menikmati puasa di Aceh.

“Festival Ramadhan 2019 akan menjadi sebuah ajang menarik dan membawa pengalaman baru bagi wisatawan muslim selama berada di Aceh,” katanya.

Menurut dia, Festival Ramadhan 2019 tidak hanya memperkenalkan Aceh sebagai destinasi wisata halal dengan sebutan Serambi Mekah yang sarat dengan budayanya yang Islami, tapi juga mengajak wisatawan muslim melaksanakan ibadah Puasa dengan penuh khidmat dan berkah.

“Wisatawan dapat menikmati pesona dan keunikan wisata Ramadhan saat berada di Aceh dan memperkuat posisi Aceh sebagai destinasi wisata halal unggulan di Indonesia dan internasional,” katanya.

Plt Gubernur Aceh dalam sambutannya menyatakan, provinsi paling barat Sumatera merupakan satu-satunya daerah di Indonesia yang menerapkan hukum Syariah Islam.

“Kita harus bangga memiliki identitas Syariah. Potensi ini harus kita promosikan ke Negara Malaysia, Singapura, Thailand dan negara Asia lainnya untuk meningkatkan kunjungan wisatawan asing dan meningkatkan ekonomi masyarakat,” kata dia.

Lebih lanjut ia mengingatkan Festival Ramadhan harus dipromosikan jauh-jauh hari guna menarik minat kunjungan wisatawan ke daerah yang berjudul “Serambi Mekah”.

Festival Ramadhan juga menampilkan tari pemulia tamu ‘Ranup Lampuan’ dan Tarian Sufi dari Timur Tengah.

Festival Ramadhan yang hadir hingga dua pekan kedepan melibatkan UMKM lokal dan menjual ragam takjil, jajanan dan kuliner untuk berbuka puasa. Fasilitas ruang shalat berjamaah, dan internet gratis juga tersedia bagi pengunjung.

SHARE
Admin
GenPINews.com merupakan buah karya dari Generasi Piknik Indonesia yang dikelola oleh Tim Redaksi GenPI News Indonesia dengan jaringan yang ada di seluruh Indonesia.

Leave a Reply