KABUPATEN Halmahera Selatan, layak dijuluki sebagai kabupaten 1000 destinasi wisata. Memiliki potensi keanekaragaman dan keunikan budaya serta destinasi wisatanya, membuat Halmahera Selatan sebagai salah satu kabupaten di Maluku Utara yang paling serius menjadikan pariwisata sebagai sektor unggulan.

Keindahan alam dan keunikan budaya di Kabupaten Halmahera selatan, tidak perlu diragukan lagi. Untuk mengeksplore tempat-tempat indah di Halmahera Selatan, tidak cukup sehari-dua. Butuh waktu yang panjang untuk mengeksplore keindahan alam dan keunikan budayanya.

Kali ini, kami mencoba mengeksplore dan memetakan beberapa titik potensi destinasi wisata yang tidak kalah mempesona di bagian utara Pulau Bacan yang masih banyak belum diketahui oleh masyarakat luas.

Pagi itu, kami bersama tim indentifikasi dan pemetaan potensi destinasi wisata dari Dinas Pemuda Olah raga dan Pariwisata Kabupaten Halmahera Selatan. Memulai perjalanan dengan menggunakan jalur laut.

Kami mencoba mengunjungi beberapa pulau yang masuk dalam target kami. Salah satunya, yaitu Pulau Tawale yang berada di Pulau Kasiruta, Desa Marikuso, Kecamatan Kasiruta Timur.

Gugusan Pulau Tawale merupakan bagian dari Pulau Kasiruta. Memiliki bentangan alam yang indah dan keunikan tersendiri, Tawale juga memiliki beberapa seberan pulau-pulau kecil di sekitarnya. Dilihat dari tipe ekosistem, gugusan pulau Tawele merupakan pulau yang terbentuk dari batu karang dan memiliki hutan yang masih perawan.

Begitu sampai di loksi ini, Anda akan tergoda dengan keindahan panorama alamnya. Air lautnya terlihat begitu jernih membuat hamparan terumbu karang dengan aneka biota lautnya dan ikan-ikan yang berenang di dasar laut terlihat dengan sangat jelas. Bahkan, dengan mata telanjang sekalipun. Saking indahnya, gugusan kepulauan Tawale membuat banyak wisatawan yang merupasamakan Kepulauan Tawale dengan Kepulauan Raja Ampat.

Keelokan Tawale layak untuk dikembangkan sebagai destinasi wisata unggulan kelas dunia di Kabupaten Halmahera Selatan. Kelak, pulau Tawale akan mampu menarik wisatawan baik lokal maupun mancanegara untuk berkunjung ke sini.

Pulau Tawale memiliki kekhasan dan keunikan tersendiri. Bahkan pulau Tawale bisa disandingkan dengan keindahan Kepulauan Mandeh dan Raja Ampat.

Keanekaragaman hayati juga menjadi aset utama di wilayah ini, di samping kekayaan laut dan panorama alamnya. Sungguh, Tawale adalah surga yang akan selalu dirindukan.

Bagi para pencinta wisata bawah laut dan pemburu wisata petualang. Pulau Tawale sepertinya cocok untuk dikunjungi dan di eksplore. Siapa tahu Anda adalah orang pertama yang menemukan sesuatu yang luar biasa disini.

Akses menuju pulau Tawale sangat mudah. Dari Bacan, wisatawan bisa mengakses dengan menumpangi atau menyewa sped boat dari pelabuhan Labuha. Jarak dari Labuha ke Tawale bisa ditempuh dengan waktu 1,5 jam perjalanan.

Berwisata ke Tawale, jangan lupa untuk menyiapkan peralatan kemping dan logistik secukupnya. Karena di pulau Tawale, Anda tidak akan menemukan homestay apa lagi warung atau rumah makan.

Pulau Tawale memang masih benar-benar alami dan belum tersentuh sama sekali oleh tangan manusia.

Leave a Reply