Saat Anda sambangi Situbondo, pada 25 November 2017 luangkan waktu menikmati acara Best Situbondo Carnival (BSC). Kegiatan tersebut merupakan satu-satunya karnaval fashion Islami di Tanah Air dimana dipadukan dengan konsep menonjolkan keindahan Taman Nasional Baluran.

Best Situbondo Karnaval menyajikan karnaval kostum atau busana Islami dengan turut menampilkan keindahan Taman Nasional Baluran. Icon santri berbalut nuansa Baluran,” kata Kadispar Pemkab Situbondo Sofwan Hadi, Kamis (16/11).

Tahun ini carnaval tersebut mengambil tema “The Sacredness of Baluran”. Pesan dari tema itu adalah mengangkat Taman Nasional Baluran yang dijuluki sebagai “Savana Afrika di Pulau Jawa”. Di kawasan konservasi seluas 250 km2 tersebut Anda dapat menjumpai kawanan hewan liar seperti banteng, merak, kijang, bahkan macan tutul.

Kawasan Baluran memiliki tipe vegetasi sabana, hutan mangrove, hutan musim, hutan pantai, hutan pegunungan bawah, hutan rawa dan hutan yang selalu hijau sepanjang tahun. Saat musim kemarau, suasananya serba kering, cokelat, vegetasi pepohonan yang meranggas seperti di Afrika.

Di sekitar kawasan Baluran ada juga tujuan wisata Goa Jepang, ziarah makam Putra Maulana Malik Ibrahim, atau menikmati Pantai Bama, Balanan, dan Bilik. Selain itu, ada juga Air Terjun Setancak, Puncak Rengganis di puncak Gunung Argopuro, atau Padang Sabana Cikasur yang mirip seperti di Sumba.

SHARE
Admin
GenPINews.com merupakan buah karya dari Generasi Piknik Indonesia yang dikelola oleh Tim Redaksi GenPI News Indonesia dengan jaringan yang ada di seluruh Indonesia.

Leave a Reply