JAKARTA – Tinta emas kembali ditorehkan kuliner Indonesia. Kali ini, Asia’s 50 Best Restaurants 2019 kembali menobatkan Restoran Locavore di Bali masuk dalam jajaran top 50 restoran terbaik di Asia. Daftar tersebut telah diumumkan dalam acara penghargaan di Wynn Palace, Makau, Selasa (26/3/2019).

Penghargaan ini cukup prestisius. Apalagi Locavore menjadi satu-satunya restoran di Indonesia yang masuk dalam daftar tersebut. Tahun ini, restoran yang berlokasi di Ubud, Bali tersebut menempati posisi ke-42.

“Luar biasa. Sebuah pengakuan akan kekuatan kuliner Indonesia. Apalagi Bali saat ini telah ditetapkan sebagai destinasi gastronomi standar UNWTO oleh Kemenpar. Ini semakin mengangkat nama Bali,” ujar Ketua Tim Percepatan Pengembangan Wisata Kuliner dan Belanja Kemenpar Vita Datau, Kamis (28/3/2019).

Selain masuk jajaran restoran terbaik, Locavore juga dinobatkan sebagai “The Best Restaurant in Indonesia” untuk kategori “Individual Country Winner”. Selain itu, Locavore juga memenangkan penghargaan Sustainable Restaurant Award 2019. Sebuah penghargaan atas etos berkelanjutan, upaya pengurangan limbah, dan konsisten fokus pada produk lokal.

Penilaian ini jelas menggambarkan betapa menariknya restoran Restaurant Locavore Ubud. Restoran ini dikelola oleh Chef Ray Adriansyah and Eelke Plasmeijer. Mereka memasak dengan konsep Eropa-Indonesia dengan bahan makanan semua berasal dari lokal, seperti abalone mentah dari Bali hingga tiram dari Pulau Sumbawa. Bahkan peralatan makannya juga berasal dari produksi lokal.

Seperti dimuat dalam situs wisata nomor wahid dunia TripAdvisor, restoran ini memiliki nilai excellent. Yang melakukan ulasan pun tidak sedikit. Jumlahnya mencapai 2.703 orang.

“Apa yang bisa saya katakan? Kembali ke restoran ini 2 tahun kemudian dan masih menyukainya. Kami telah makan siang dan memesan 5 menu makan bersama. Makanan seperti biasa yang menjadi luar biasa, termasuk makanan ringannya. Presentasi makanannya sangat bagus. Jangan pergi tanpa makan di tempat ini. Anda akan menyesal,” tulis Cristina dari Melbourne.

Bagi Menteri Pariwisata Arief Yahya, penghargaan ini merupakan bukti jika kuliner Indonesia mampu bersaing di level global. Apalagi daftar ini dikeluarkan oleh badan yang berkompeten. Penghargaan ini diadakan dan diterbitkan setiap tahun sejak 2013 oleh William Reed Business Media. Daftar ini dipilih dan di-voting oleh panel yang terdiri atas 318 penulis makanan, kritikus, koki, pemilik restoran, dan pecinta makanan di seluruh Asia.

“Selamat kepada Chef Elelke Plasmeijer dan Chef Ray Adriansyah. Semoga pencapaian ini bisa memotivasi para pelaku agar melakukan yang terbaik dan masuk kejajaran Asia 50 Best,” kata Arief Yahya.

Tinggalkan Balasan