GenPI Gorontalo Utara Turut Meriahkan Ritual Mandi Safar

0
0

Pemerintah Kabupaten Gorontalo Utara kembali menggelar event budaya yang telah menjadi Calender of Event (CoE) daerah setempat yang bertajuk “Ritual Mandi Safar 2018”.

Kegiatan yang telah berlangsung sejak abad ke XVI masa Kerajaan Atinggola ini dipimpin oleh Raja Bolongkod sejak memeluk Islam.

Dimana pada awal bulan Safar (kalender Islam) masyarakat Atinggola akan berdoa semalam suntuk hingga fajar terbit dan kemudian dilanjutkan dengan ritual mandi Safar dengan menuliskan lafadz safar di daun, lalut diikatkan pada sebuah tali yang membentang di sungai, kemudian para pemimpin dan undangan serta masyarakat akan mandi dibawah aliran air yg melewati daun tersebut dan diyakini dapat mensucikan dosa-dosa manusia.

Generasi Pesona Indonesi (GenPI) Gorontalo Utara juga turut serta pada kegiatan ini dalam rangka ikut melestarikan tradisi dan mempromosikan kegiatan ini dan diharapkan akan menjadi sebuah daya tarik wisata bagi Gorontalo Utara.

Dalam kegiatan tersebut juga dihadiri oleh Bupati dan jajarannya serta para undangan dari berbagai stakeholder pariwisata yang berlangsung sangat meriah di Sungai Andagile Kecamatan Atinggola Kabupaten Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo.

Tinggalkan Balasan