Ada di Lombok, Presiden Pantau Rekonstruksi Pascagempa

0
0

LOMBOK – Presiden Joko Widodo kembali mengunjungi Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB). Jokowi memantau rekonstruksi pascagempa sekaligus nonton bareng penutupan Asian Games 2018.

“Betul Pak Presiden sudah mendarat tadi di Lombok Internasional Airport menggunakan pesawat kepresidenan. Lalu lanjut ke Lombok Utara meninjau proses rekonstruksi pascagempa. Dan akan nonton Bareng (Nobar) Penutupan Asian Games 2018 di Posko Utama Desa Kekait Kecamatan Gunung Sari, Lombok Barat,” ujar Koordinator Generasi Pesona Indonesia (GenPI) Lombok-Sumbawa, Siti Chotijah saat dikonfirmasi, Minggu (2/9/2018).

Wanita yang kerap disapa Jhe itu juga menyebut, lokasi Posko Utama Desa Kekait Kecamatan Gunung Sari, Lombok Barat dijadikan venue nobar, lantaran paling banyak pengungsi gempa. Kehadiran Jokowi, diyakini akan memberikan semangat bagi para korban gempa.

Secara moril dan psikologis, masyarakat akan semakin terasa diperhatikan dengan kehadiran presiden.

“Sebab, di saat closing ceremony sebenarnya Jokowi bisa memilih untuk di GBK. Namun lebih memilih bersama masyarakat yang ada di Gunung Sari Lombok. Jadi menumbuhkan motivasi dan semangat bagi masyarakat di tengah perjuangan masyarakat yang sedang recovery untuk bangkit,” ujarnya.

Dari pantauan GenPI Lombok Sumbawa, lokasi acara dikemas secara sederhana. Namun euforia Asian Games tetap digaungkan. Akan ada layar lebar ditengah-tengah tenda para pengungsi dari BNPB, Dinas Sosial.

“Nanti akan ada interaksi juga antara presiden dengan masyarakat. Ada beberapa skema yang sudah disiapkan, ada yang lesehan dan juga ada juga panggung VIP. Tapi biasanya presiden Jokowi susah ditebak akan seperti apa. Rencananya nobar bakal digelar pukul 20.00 Wita, namun sebelum nobar berlangsung aka nada acara-acara lain,” ujarnya.

Jhe menambahkan, kawan-kawan GenPI Lombok Sumbawa juga terus mengawal keberadaan Jokowi nobar di Lombok secara offline, baik memasok foto hingga pembuatan berita. Sebagai laskar digital besutan Kementerian Pariwisata, GenPI juga sudah menyiapakan taggar #WonderfulAsianGames2018 untuk dihebohkan di dunia maya.

“Kita terus update, terus pantau, dan juga memviralkan. Saya juga mengajak untuk sama-sama berdoa bagi masyarakat Lombok agar cepat bangkit. Dan sama-sama kita viralkan, Closing Ceremony Asian Games hingga dunia internasional,” ajak Jhe.

Mendengar hal itu, Menteri Pariwisata, Arief Yahya langsung angkat dua jempol ke teman-teman GenPI Lombok Sumbawa. Mereka tidak hanya bergerak di online, tapi ikut aktif di-offline dengan caranya mereka.

“Semua rakyat Indonesia pasti merasakan duka yang sama. Oleh sebab itu, kita pun harus bersama-sama untuk membantu saudara-saudara kita yang ada di Lombok,” paparnya.

Sama seperti Opening Ceremony Asian Games 2018 di Jakarta. GelaranClosing ceremony di Lombok diharapkan jadi diperbincangkan di media sosial, tak hanya oleh netizen Indonesia tapi juga mancanegara dengan Hashtag #WonderfulAsianGames2018.

“Terima kasih juga buat #Genpi yang sudah membuat trending topic dunia saat opening ceremony. Sekarang mari sama-sama viralkan kembali dan membawa ratusan ribu orang posting melalui Twitter dan media sosial main, dengan hashtag yang sama,” kata Arief.

Tinggalkan Balasan