Laskar Digital Aceh Angkat PKA VII jadi Trending Topic Indonesia

2
12
Pemberian hadiah kepada juara umum sekaligus peraih juara I PKA VII/Foto Wanda Haris

BANDA ACEH – Sejak berlangsungnya Pekan Kebudayaan Aceh (PKA) VII mulai dari 5-15 Agustus, partisipasi laskar digital Aceh yang tergabung dalam Generasi Pesona Indonesia (GenPI) tak henti-hentikan mengangkat even kebudayaan akbar ini ke media daring.

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh menggandeng GenPI Aceh secara all-out sebagai salah satu komunitas untuk menjadi corong promosi digital PKA VII, hal ini pun dibuktikan laskar digital Serambi Mekkah sejak pembukaan PKA yang berlangsung di Stadion Harapan Bangsa Lhong Raya, Banda Aceh dengan menaikkan tagar #PesonaPKA7 yang tembus Trending Topic Indonesia (TTI) pada peringkat 4.

Ketua Divisi Online GenPI Aceh Reza Fardian mengakui, gerakan untuk viralkan hajatan akbar kebudayaan Aceh ini sudah dilakukan sejak awal dari mulai pra-event dengan sejumlah kegiatan, mulai dari offline dan juga online.

“Musibah gempa di Lombok yang terjadi 5 Agustus juga sempat membuat kami ikut berduka, mengingat dalam momen yang sama kita juga harus menaikkan tagar #PesonaPKA7 dan akhirnya sempat juga peringkat 4 TTI,” pungkas Reza.

Peristiwa Lombok, kisah Reza, juga membuat publik dan pengunjung di PKA VII meminta panitia untuk menempatkan posko bersama dan akhirnya hari ketiga PKA Posko Bersama Peduli Lombok tersedia di venue.

“Teman-teman GenPI Aceh setiap hari melakukan monitoring isu daring PKA, jadi setiap ada masukan dan saran dari pengunjung juga dipantau mengingat even budaya sangat dinanti-nanti oleh masyarakat karena melibatkan 7 ribu peserta,” jelas Reza.

Tidak hanya pembukaan PKA, penutupan PKA VII yang dihadiri oleh Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional Sofyan Djalil, Rabu (15/8/2018) malam lewat tagar #PenutupanPKA7 juga mendapatkan posisi 4 di TTI.

“Malam penutupan PKA VII sempat diguyur hujan dan gerimis, namun tidak mengurangi rasa penasaran masyarakat berduyun-duyun untuk menyaksikan penutupan yang ditandai dengan teut bude trieng,” ungkap Reza.

Menariknya, laskar digital Aceh juga tidak melewatkan penutupan PKA VII dengan melakukan live disejumlah akun medsos sehingga dapat disaksikan juga oleh warganet.

2 KOMENTAR

Tinggalkan Balasan