Uda Uni Tanahdatar Diharapkan Mampu Promosi Wisata

0
0

USAHA Pemerintah Daerah Kabupaten Tanahdatar, Provinsi Sumatera Barat untuk bidang pariwisata terus digencarkan melalui berbagai program. Setelah peluncuran branding Authentic Minangkabau dan pengukuhan GenPI Tanahdatar, saat ini juga tengah dilakukan pemilihan Uda Uni Tanahdatar.

Pemilihan Uda Uni Wisata Tanahdatar tahun 2018, sudah memasuki tahapan karantina yang berlangsung mulai tanggal 24-29 Juli 2018, bertempat di Islamic Center Pagaruyung. Tahapan karantina untuk memberi pembekalan kepada 15 pasang Uda-Uni perwakilan kecamatan di Kabupaten Luak Nan Tuo.

Sekretaris Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Tanahdatar Deddy Prihatin menyampaikan, karantina finalis Uda Uni Wisata Tanahdatar bertujuan memberi pembekalan dibidang agama, adat dan budaya serta etika kepribadian.

“Para finalis patut berbangga terpilih sebagai finalis, gunakan kesempatan ini mengembangkan kemampuan untuk itu ikutilah masa karantina ini dengan baik sehingga memperkaya wawasan tentang budaya dan kepariwisataan Tanahdatar dan nantinya turut membantu promosi wisata Tanahdatar sebagai destinasi utama di Sumatera Barat,” ucap Dedy saat membuka karantina, Rabu (25/7/2018) di Islamic Center Pagaruyung.

Dikatakan, Tanahdatar memiliki 152 destinasi wisata dengan 7 destinasi unggulan seperti Istano Basa Pagaruyung, Danau Singkarak, Nagari Tuo Pariangan, Puncak Pato dan lainnya.

“Dengan begitu banyaknya destinasi wisata yang ada di Tanahdatar, untuk dikenal wisatawan butuh promosi baik secara langsung maupun tidak langsung,” ucap Dedy.

Apalagi saat ini sebut Dedy, media sosial sarana ampuh mempromosikan destinasi wisata. Sebuah destinasi wisata bisa booming hanya karena bantuan media sosial yang tidak membutuhkan biaya besar.

“Namun harus kita sadari, promosi harus diiringi dengan kesiapan sarana dan prasarana serta kesiapan masyarakat menerima kunjungan wisatawan, sehingga tidak membuat kecewa pengunjung,” kata Dedy lagi.

Tanahdatar juga telah memiliki brand pariwisata. “Tanah datar Authentic Minangkabau ditetapkan sebagai brand pariwisata sesuai dengan status yang disandang Luak Nan Tuo,” ucap Dedy.

Sementara itu salah seorang pengurus Ikatan Uda Uni Tanahdatar Nuri mengatakan, para calon kandidat Uda Uni yang dikarantina selama lima hari tersebut akan menjadi duta wisata Tanahdatar nantinya.

“Jadi selama karantina, nanti akan diberikan berbagai pembekalan, diantaranya beberapa materi seperti materi adat dan budaya, FGD, Public Speaking, Pariwisata, dan Pengetahuan umum,” sebutnya.

Ajang Uda-uni Wisata Tanahdatar didahului dengan tahap audisi yang dilaksanakan pada tanggal 14 Juli 2018 yang lalu, dilanjutkan dengan masa karantina dan puncaknya Malam Grand Final Uda Uni Tanahdatar tahun 2018 pada tanggal 28 Juli 2018 di Gedung Nasional Suri Maharajo Dirajo Batusangkar.[]

Tinggalkan Balasan