Menikmati Keindahan Pantai Selat Ransang Kepulauan Anambas

0
0

KABUPATEN Kepulauan Anambas terletak di Provinsi Kepulauan Riau dengan wilayah 98,73% merupakan lautan, selain itu Kepulauan Anambas juga banyak memiliki pulau yang tersusun dengan perkiraan luas sekitar 1.27% dengan total pulau di Kabupaten Kepulauan Anambas sekitar 255 Pulau.

Sebagai wilayah yang lebih dominan lautan, Kabupaten Kepulauan Anambas memiliki banyak sekali pantai yang eksotis dan terbilang masih alami. Salah satu pantai di Kepulauan Anambas yang memiliki keindahan pantai dan alamnya adalah Pantai Selat Ransang.

Posisi pantai ini sangat unik karena diapit pulau-pulau kecil yang berbukit tinggi seperti Pulau Getak, Pulau Penjaul, Pulau Penggending dan Pulau Luyung. (exploring anambas)

Perjalanan teman-teman Suka Jalan Jalan (SJJ) Kepulauan Anambas dimulai dari ibu kota Kabupaten Kepulauan Anambas, yaitu Tarempa. Perjalanan kami menghabiskan waktu lebih kurang 2 jam perjalanan laut dengan menggunakan perahu pompong. Selama dua jam perjalanan laut ini, kami disuguhkan dengan pesona alam yang indah lagi asri.

Pompong yang kami naiki merapat di pelabuhan yang tak jauh dari pantainya, karena didominasi pekerja kami merasa damai saat menginjakkan di pulau ini. Selain itu angin sepoi-sepoi serta pasirnya pantai menjadi kegembiraan tersendiri saat sampai dipantai ini.

Menikmati Keindahan Pantai Selat Ransang Kepulauan Anambas

Dimalam Hari di Pantai Selat Ransang

Saat malam tiba, kamu juga bisa menikmati keindahan pantai ini. Selain itu juga kamu bisa berkumpul dengan menyalakan api unggun, bernyanyi bersama dan membuat permainan serta keseruan lainnya seperti yang dilakukan oleh SJJ, mereka membuat sebuah permainan untuk menjadikan kebersamaan makin pekat, hukuman juga tak bisa dielakkan bagi yang kalah akan permainan ini.

Tapi tak ada perasaan sedih jika mendapatkan hukuman, malah perasaan bahagia. Selain menyalakan api unggun kamu juga bisa menelusuri pesisir pantai sambil menikmati keindahan kelap-kelip bintang dan sinar rembulan.

Dipagi harinya, pantai selat ransang juga sangat indah untuk dinikmati, suara desiran ombak dan sinar mentari pagi merupakan momen yang tak terlupakan. Selain itu kamu juga bisa berenang seperti yang kami lakukan pada pagi harinya, menikmati keindahan lautan yang jernih.

Dipenutup kunjungan kami, SJJ Team berpamit kepada penjaga pantainya yang selalu rutin untuk menjaga pantai, baik itu kebersihan pantainya dan hal lainnya. Kamu juga bisa memberikan sedikit uang kepadanya, walau sedikit kebahagiaan terlihat dipancaran wajahnya. Walau uang yang kita berikan tak sebanding dengan pengorbanan yang telah dia lakukan untuk menjaga keindahan pantai selat ransang ini.

Dikutip melalui buku Exploring Anambas, waktu terbaik untuk mengunjungi pantai ini adalah periode bulan April hingga Oktober, tidak disarankan untuk berkunjung ke pantai ini saat musim angin utara, yakni bulan Oktober hingga Maret. Sebab gelombang perairan ini umumnya sangat tinggi bahkan mencapai 3-4 meter.

Jangan lupa untuk membawa bekal serta perlengkapan menginap dan mintalah izin terlebih dahulu kepada penjaga pulau sebelum menginap.

Tinggalkan Balasan