SAMOSIR – Masih jomblo dan belum mendapat dambaan hati? Festival Gondang Naposo Mencari Cinta bisa jadi pilihan bagi Anda untuk ikut serta. Acara digelar selama 2 hari mulai 27-28 April di wilayah Pasir Putih Tandarabun, Simanindo, Samosir, Sumatera Utara ini menarik antusias siapa saja yang melihatnya.

Acara yang baru pertama kali digelar di daerah Tapanuli tersebut menjadi agenda penting, mengingat momen ini adalah penghubung muda-mudi (naposo bulung) setempat dalam menemukan jodoh (rokkap ni tondi).

Dalam acara ini muda-mudi unjuk skill manortor, yakni menari dan berkenalan, apabila merasa cocok satu sama lainnya, hubungan bisa dilanjutkan ke jenjang lebih serius.

“Festival Gondang Naposo memang unik. Bagi yang masih berstatus jomblo, festival ini menjadi salah satu harapan. Siapa tahu dengan ikut festival ini, bisa menemukan cinta dan pendamping hidup,” kata Direktur Utama Badan Otorita Pariwisata Danau Toba (BOPDT) Arie Prasetyo.

Peserta yang mendaftar sudah lebih dari 24 tim yang berasal dari berbagai sanggar seni, sekolah, akademi, hingga universitas yang ada di Sumatera Utara. Selain menari, acara bertema ‘Rebut Citaku di Festival Gondang Naposo’ ini juga akan memilih Sidoli Najogi dan Siboru Nauli. Sidoli Najogi bisa diartikan sebagai pemuda yang tangguh dan kuat, sedangkan Siboru Nauli menjadi idiom gadis yang cantik.

Hasilnya menurut Arie, respon publik terutama pemuda-pemudi terhadap festival tersebut Naposo sangat besar.

“Respon masyarakat terhadap festival ini sangat luar biasa, banyak muda-mudi ikut ambil bagian di Festival Gondang Naposo. Mereka berasal dari berbagai kalangan,” ujarnya.

Kemudian, peserta Festival Gondang Naposo wajib menampilkan 5 skill tortor, yaitu mulamula, somba, hata sopisik, kreasi, dan hasahatan sitiotio yang semua dijadikan sumber penilaian. Selain itu, untuk menjadi pemenang harus memenuhi kriteria seperti harus sopan dan santun, disiplin, wiraga, wirama, dan wirasa.

Ketepatan tortor, penggunaan ulos, narasi, pemakaian umpasa pamitta gondang, komposisi, penampilan, kreasi, dan keserasian juga tidak luput dinilai.

“Ada banyak kriteria yang wajib dipenuhi untuk menjadi yang terbaik di festival ini. Tapi, yang terpenting dari semuanya adalah bergembira bersama. Kami sudah memberikan beragam paket kepada para pengunjung yang hadir. Paket-paket ini untuk menambah kemeriahan suasana. Ada banyak slot yang sudah kami siapkan,” jelas Arie.

Paket yang dimaksud adalah menambah sisi romantisme para peserta dan pengunjung, yaitu berupa pemesanan beberapa additional package. Kemudian Romantic Dinner Festival Gondang Naposo dibagi dalam 2 paket, paket dengan harga Rp200 ribu per pasangan dan Rp550 ribu per grup (6 orang). Usai berlomba, peserta dan pengunjung juga dihibur dengan aksi Style Voice dan Romantis Trio.

Tinggalkan Balasan