Bakmi Mangkok Ayang, Kuliner Istimewa di Kota Wisata Tambang

Berjarak sekitar 500 meter dari pusat Kota Sawahlunto tepatnya disamping kantor DPRD Kota Sawalunto

0
19

SIAPA yang tidak tahu bakmi? Memang kuliner yang satu ini bisa Anda temui dengan mudah di tempat pusat jajanan dan kuliner, namun tak ada salahnya mencicipi bakmi yang istimewa di Kota Wisata Tambang Sawahlunto yang bernama ‘Bakmi Mangkok Ayang’.

Bakmi adalah salah satu sajian mi yang terbuat dari tepung terigu dipopulerkan oleh pedagang-pedagang Tiongkok ke Indonesia pada awalnya. Dewasa ini bakmi telah diadopsi menggunakan bumbu-bumbu khas Indonesia yang disajikan dengan cara di rebus dan di goreng.

Ciri umum bakmi kuah adalah biasanya kuah dan mi direbus secara terpisah. Mi yang digunakan umumnya telah dicampur dengan minyak. Kemudian mi ini disajikan dengan lauk seperti ayam, ko choy atau juga bakso. Kuah akan dihidangkan dalam mangkuk tersendiri lalu dicampur dengan mi.

Spesifik dari bakmi Mangkok Ayang adalah terlihat dari mi yang disajikan diatas kerupuk yang didesain menyerupai mangkok yang terbuat dari adonan tepung dan bawang, sehingga menghasilkan cita rasa yang khas dan cocok di lidah setiap pengunjung yang datang berwisata Kota Sawahlunto.

Berjarak sekitar 500 meter dari pusat Kota Sawahlunto tepatnya disamping kantor DPRD Kota Sawalunto, para pengunjung dapat menikmati langsung di lokasi dan juga bisa di bungkus untuk dibawa pulang. Agar tak menunggu proses sajian lama ataupun antrian ada baiknya di order dulu sehingga dapat menghemat waktu dan bias langsung santap.

Harga yang ditawarkan pun cukup sangat bersahabat dengan kantong, yakni Rp12.000 dan Anda telah dapat mencicipi sajian kuliner yang satu-satunya di Sumatera Barat hanya ada di Kota Sawahlunto. Untuk menambah kenikmatan bagi pecandu bakso, cukup dikenakan Rp15.000 dengan toping bakso urat.

Kuliner bakmi yang buka setiap hari mulai pukul 10.00 WIB – 22.00 WIB ini juga melayani delivery order khusus untuk Kota Sawahlunto. Jadi, tunggu apa lagi sobat wisata, tidak akan lengkap rasanya mengunjungi suatu objek wisata yang eksotisme tanpa mencicipi kuliner khas di Kota Wisata Tambang yang berbudaya, Sawahlunto Pusaka.

Tinggalkan Balasan