Eco Run Mapur Islands 2018, Daya Tarik Sport Tourism di Bintan

Tidak hanya itu, para peserta nantinya juga akan diajak dalam keseruan mulai dari Fun Run 5K mengelilingi pantai yang beralaskan pasir putih nan eksotis

0
34

PERNAH mendengar keberadaan Pulau Mapur? Pulau yang memiliki pemandangan bawah laut yang elok ini terletak di Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau sudah lama menjadi perhatian wisatawan yang hobi diving. Kala tiba waktu liburan, pulau yang berbatasan dengan Laut China Selatan dan Malaysia disisi Utara ini banyak dikunjungi turis asing.

Selain berbatasan dengan negara jiran, Pulau Mapur secara geografis juga berbatasan dengan Kelong (pusat pemerintahan Kecamatan Bintan Pesisir) dari sebelah Selatan, sedangkan sisi Barat berbatasan dengan Kecamatan Gunung Kijang.

Pulau Mapur tidak sekedar tempat wisata, tapi juga tempat belajar bagi yang tertarik akan dunia konservasi kelautan. Di tempat ini, kita bisa melihat indahnya alam bawah laut yang dihiasi oleh karang-karang yang tersusun rapi secara alami. Menikmati keindahan bawah laut Pulau Mapur bisa melalui snorkling maupun diving.

Untuk memperkenalkan keindahan alam Pulau Mapur, dalam waktu dekat Dinas Pariwisata Bintan melaksanakan event olahraga (sport tourism) dengan mengusung tema konservasi dan pelestarian lingkungan melalui pelepasan tukik hasil penangkaran masyarakat.

Event yang akan mengangkat tema “Eco Run Mapur Islands 2018” tersebut menjadi salah satu atraksi olahraga berlari sekaligus tracking di alam sepanjang 5 kilometer yang akan berlangsung 5-6 Mei mendatang.

Event Eco Run Mapur Islands sendiri dikemas dengan cara berbeda dari biasanya, para peserta kegiatan nantinya bisa menikmati keindahan pulau sembari berolahraga dan berkompetisi di lintasan alam melewati hutan dan pantai yang indah. Wisata alam yang dapat dinikmati pun beragam.

Tidak hanya itu, para peserta nantinya juga akan diajak dalam keseruan mulai dari Fun Run 5K mengelilingi pantai yang beralaskan pasir putih nan eksotis, dilanjutkan dengan melihat dikejutkan keindahan bawah laut wisata bahari melalui spot snorkling yang dijaga masyarakat pesisir Pulau Mapur.

Yang tak kalah menarik dalam even ini, yakni kegiatan konservasi, dimana panitia telah mempersiapkan ratusan baby sea turtle alias tukik (anak penyu) di penangkaran masyarakat pesisir Pulau Mapur yang akan kita dilepaskan ke laut.

Sementara pada malam hari, peserta juga akan dijamu menikmati sensasi BBQ di pantai sembari melihat pertunjukan seni tari tradisional Dangkong khas Melayu. Dan di hari berikutnya, peserta akan mengikuti kegiatan rehabilitasi ekosistem laut melalui transplantasi karang.

Jadi, masih bingung mau liburan sembari olahraga kemanar? Ayo, nikmati keindahan salah satu pulau kecil terluar Indonesia di Pulau Mapur, Bintan dan untuk informasi lanjut even ini bisa diakses juga melalui laman visitmapurisland.com.

Tinggalkan Balasan