SUMBAWA – Penyelenggaraan Festival Pesona Tambora (FPT) sudah semakin dekat. Seperti tahun sebelumnya, FPT diselenggarakan di Kabupaten Dompu. Namun mulai tahun 2018 ini, penyelenggaraan FPT tidak lagi menjadi agenda Kabupaten Dompu, akan tetapi menjadi agenda lima kabupaten/kota di Pulau Sumbawa, yaitu Kabupaten Dompu, Bima, Kota Bima, Sumbawa, Sumbawa Barat.

Keputusan ini berdasarkan hasil rapat bersama Kepala Dinas Pariwisata Nusa Tenggara Barat yang dilaksanakan di Pendopo Bupati Dompu, Senin (12/03/2018) lalu.

Dukungan yang dilakukan oleh kelima kabupaten/kota tersebut dalam rangka Festival Pesona Tambora adalah dengan mengeksplore potensi dan keunikan daerah tersebut, seperti di Kabupaten Sumbawa Barat dengan Pesona Mantar dan Barapan Ayam, Semalam di Dalam Loka di Kabupaten Sumbawa dan Teka Tambora di Kab/Kota Bima.

Rangkaian kegiatan FPT akan dimulai tanggal 1 April dan acara puncak pada tanggal 11 April 2018. Untuk puncak acara akan tetap dilaksanakan di Doro Ncanga Kab. Dompu, seperti pelaksanaan tahun sebelumnya. Doro Ncanga merupakan padang savana dengan latar belakang Gunung Tambora.

Kabupaten Dompu akan menggelar berbagai macam kegiatan sebagai rangkaian dari Festival Pesona Tambora, diantaranya Pawai Budaya, Fun Bike, Dzikir bersama dan beberapa kegiatan lokal dalam rangka HUT Kab. Dompu yang perayaannya hampir bersamaan dengan event Festival Pesona Tambora.

Adapun pelaksanaan kegiatan pada acara puncak Festival Pesona Tambora di Doro Ncanga, akan tetap digelar sejumlah kegiatan seperti tarian kolosal, terjun payung, pameran produk unggulan, Kampung kuliner dan Lari marathon dengan melibatkan pelari Internasional. Peserta lari marathon ini akan menempuh jarak 320 KM dengan mengambil start di Pelabuhan Poto Tano Kab. Sumbawa Barat dan finish di Doro Ncanga Kab. Dompu.

Pelaksanaan Festival Tambora tahun 2018 ini merupakan tahun keempat, setelah dilaksanakan pertama kali tahun 2015 yang bertepatan dengan 200 tahun meletusnya Gunung Tambora yang dihadiri langsung oleh Presiden Indonesia Joko Widodo.

SHARE
Risky gustina
Humas Genpi Lombok Sumbawa hobby travelling, hunting, scouting dan eating.

Leave a Reply