BANGKA – Pecinta sport tourism, bersiaplah mengikuti kegiatan menantang di Bangka. Namanya, Triathlon Sungailiat 2018. Event ini dijadwalkan berlangsung 19 – 22 April 2018.

Triathlon Sungailiat akan menjadi arena sempurna untuk menguji kehebatan dan daya tahan. Karena, akan menggabungkan olahraga renang, sepeda, dan lari.

Ketua panitia Sungailiat Triathlon 2018, Tedy Sudarsono mengatakan, hingga saat ini peserta dari 11 negara sudah mendaftarkan diri. Yang terbanyak berasal dari Inggris. Disamping para peserta dari berbagai daerah di Tanah Air.

“Sudah ada 11 negara yang daftar. Saat ini ada sekitar 300 orang. Diperkirakan jumlah peserta akan bertambah hingga menjelang pelaksanaan Sungailiat Triathlon 2018. Targetnya 500 peserta,” kata Tedy, Rabu (14/3/2018).

Event ini selalu mendapatkan animo yang cukup besar. Biasanya, diikuti tak kurang dari 400 peserta asal 19 negara. Di antaranya dari Aljazair, Australia, Austria, AS, Belanda, Brazil, Filipina, Jerman, Jepang, Italia, Inggris, Kanada, Malaysia, Selandia Baru, Singapura, Spanyol, Swedia, Rumania, dan Perancis.

Tahun ini, Triathlon Sungailiat kembali menampilkan 3 kategori lomba. Yaitu Jarak Jauh (1,9 km Swimming, Cycling sepanjang 90 km, dan 21 km Running), Standard (1,5 km Swimming, 90 km Cycling , dan 10 km Running), dan Sprint (750 m Swimming, 27 km Cycling, dan 5 km Running).

Tedy menambahkan, agar event semakin seru, penyelenggara juga menyiapkan kegiatan lain selain triathlon. Seperti mountain bike dan event-event lainnya yang bisa mempromosikan pariwisata.

“Kami ingin mempromosikan potensi pariwisata Kabupaten Bangka. Oleh karena itu, rute dalam Triathlon tahun ini akan melewati objek wisata unggulan Kabupaten Bangka. Event-event pendukungnya juga sedang dipersiapkan,” ungkap Tedy yang juga menjabat Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda Bangka.

Sungailiat Triathlon 2018 akan membawa atlet ke beberapa tempat paling menarik di pulau ini. Di antaranya Pantai Tanjung Pesona, Pantai Uber Bay, Pantai Rambak, Pantai Rebo, Pantai Mang Kalok, Pantai Air Nyinyir, Pantai Temberan, Pura Tri Agung, Pantai Tikus, dan Pusat Kota Bangka, dan banyak lagi.

Menteri Pariwisata Arief Yahya mengatakan, event ini mampu memberikan dampak yang signifikan dalam hal pariwisata. Kemenpar mendukung penuh event sport tourism. Karena, memberikan direct impact terhadap kunjungan wisatawan ke Bangka.

“Sungailiat Triathlon ini akan menjadi ikonnya Bangka untuk kedepannya. Bangka Belitung itu perpaduan dua pulau besar. Belitung sudah lebih dulu banyak dieskpose, sekarang giliran Bangka. Triathlon memberikan dampak yang signifikan dalam hal pariwisata. Kementrian akan selalu mendukung,” jelas Menpar Arief Yahya.

Menpar Arief Yahya menambahkan, pariwisata Babel ke depan akan sangat cerah. Lantaran terkait langsung dengan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata untuk menjadikan Tanjung Kelayang sebagai sebagai satu dari 10 Bali Baru.

“Tanjung Kelayang salah satu 10 destinasi prioritas. Dan di tahun-tahun sebelumnya, sedikitnya yang datang 400 wisman dan 1,200 wisnus yang datang ke Bangka untuk menyaksikan event ini,” pungkas Menpar Arief Yahya.

SHARE
Admin
GenPINews.com merupakan buah karya dari Generasi Piknik Indonesia yang dikelola oleh Tim Redaksi GenPI News Indonesia dengan jaringan yang ada di seluruh Indonesia.

Leave a Reply