PASIRPANGARAIAN – Kepala Dinas Pariwisata dan kebudayaan (Disparbud) Rokan Hulu (Rohul) , Drs. Yusmar, M.Si, berharap besar dengan Pengurus Generasi Pesona Indonesia (GenPI) Rohul yang baru dilantik, pada Sabtu (3/3/2018).

Pelantikan pengurus GenPI Riau, GenPI Rohul dilantik serentak di Gedung Idrus Tintin Purna MTQ Riau, oleh Ketua GenPI‎ Nasional, Mansyur Ebo.

“Kita berharap semangat dan motivasi yang diberikan GenPI Nasional Kementrian Pariwisata ini dapat memacu dan memajukan sektor pariwisata Rokan Hulu di masa yang akan datang, dalam rangka ikut meningkatkan kesejahteraan masyarakat Rokan Hulu tentunya,” katanya, Rabu (7/3/2018).

Yusmar menjelaskannya, pihak Disparbud Rohul akan menyediakan ruangan untuk GenPI Rohul karena organisasi inilah yang akan membantu dalam mempromosikan daerah.

Diakuinya, karena sebagian besar anggota GenPI ‎merupakan kawula muda, maka hal itu sejalan dengan program Disparbud Rohul dalam memajukan dunia pariwisata di Kabupaten Rohul‎ yang jumlahnya lebih dari 60 objek wisata hingga tahun 2018.

“Sesuai program Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Rokan Hulu, dalam pengembangan pariwisata kita tetap melibatkan para kawula muda, pelajar dan mahasiswa. Karena para kawula muda masih punya semangat, apalagi mereka aktif di media sosial,” imbuhnya.

Sebelumnya, Ketua GenPI pusat, Mansyur Ebo mengatakan, GenPI‎ merupakan suatu lembaga yang mengembangkan dan meningkatkan pesona potensi dan destinasi pariwisata di Indonesia, baik skala daerah, nasional dan bahkan skala internasional.

Ia menerangkan, GenPI merupakan sebagai agen promosi pariwisata Indonesia dan daerah, sehingga potensi dan destinasi yang ada dikenal dan diketahui oleh wisatawan‎, sehingga mereka berminat mengunjungi destinasi yang ada, sehingga perlu dibuat informasi yang lengkap.

Ebo mengharapkan setelah GenPI dikukuhkan, maka pariwisata yang ada di Provinsi Riau, termasuk pariwisata di Kabupaten Rohul, pariwisata di Kota Pekanbaru punya daya tarik tersendiri, namun perlu didorong dan daya juang, dilengkapi mesin penggerak yang kuat untuk maju dan berkembang di masa yang akan datang.

Ebo mengungkapkan dewasa ini GenPI sedang digalakkan Kemenpar. Dari 34 provinsi yang ada di Indonesia, baru sekira 15 provinsi yang sudah punya pengurus GenPI, termasuk Provinsi Riau yang baru dilantik, atau sekira 25 persen daerah yang sudah punya GenPI.

Menurutnya, GenPI ke depannya akan digandrungi kawula muda, baik pelajar dan mahasiswa melalui media sosial dan digital, karena organisasi ini giat dalam menginformasikan seluruh potensi pariwisata di daerah.

Pasca menghadiri pelantikan‎ tiga GenPI di Riau, Ebo sempat mampir ke Kabupaten Rohul dan sambangi kantor Disparbud Rohul bersama pengurus GenPI Nasional lainnya.

VIADonny Kusuma Putra
SHARE
Admin
GenPINews.com merupakan buah karya dari Generasi Piknik Indonesia yang dikelola oleh Tim Redaksi GenPI News Indonesia dengan jaringan yang ada di seluruh Indonesia.

Leave a Reply