Persiapan Cap Go Meh Singkawang 2018 - Reivo Wasrika - 3
Para Tatung berjalan menuju Vihara Tri Dharma Bumi Raya, Kamis (01/03/2018). 

SINGKAWANG – Berbagai persiapan untuk acara puncak perayaan Cap Go Meh yang akan dilaksanakan esok hari, Jumat (2/3), di Kota Singkawang sudah dilaksanakan. Panggung utama dan podium VIP bagi tamu undangan sudah disiapkan sejak pagi hari ini.

Rombongan dari kelompok-kelompok Vihara pun sudah memulai ritual “Cuci Jalan”. Ritual ini dimaksudkan agar Kota Singkawang dijauhkan dari bencana, serta mendatangkan berkah dan kesejahteraan untuk masyarakat.

1038 Tatung yang akan berpartisipasi besok diantarkan ke Vihara Tri Dharma Bumi Raya sejak tadi pagi. Kedatangan para Tatung dari berbagai daerah ke Vihara ini bertujuan untuk meminta restu para dewa dan leluhur, agar selamat pada saat menjalankan pawai.

Jumlah Tatung tahun ini akan masuk rekor MURI sebagai Tatung terbanyak yang ikut berpartisipasi dalam perayaan Cap Go Meh. Tak hanya di Vihara Tri Dharma Bumi, Tatung-tatung dan Naga yang akan tampil juga berkeliling ke beberapa Vihara lain di Kota Singkawang.

Persiapan Cap Go Meh Singkawang 2018 - Reivo Wasrika - 6

Cuaca yang cukup bersahabat di Singkawang, menjadikan ritual persiapan yang berpusat di Jalan Budi Utomo mengundang perhatian berbagai pihak. Para wisatawan yang sudah berdatangan sejak Pawai Lampion pada Rabu (28/2) malam kembali memadati ruas-ruas jalan di Singkawang.

Mereka ingin mengabadikan keseruan ritual para Tatung saat menuju dan di Vihara. Mereka tak mau melewatkan kesempatan yang hanya ada setahun sekali dan hanya ada di Singkawang.

Pawai Tatung yang akan dilaksanakan esok, akan mengambil titik kumpul di depan kantor Walikota Singkawang. Warga menyebutkan, adanya agenda tahunan ini meningkatkan jumlah kunjungan ke Kota Singkawang secara drastis.  Apalagi ditambah dengan promosi pariwisata yang dilakukan secara online maupun offline.

Penulis: Rizka (Genpi Jogja)
Foto: Reivo (Genpi Sumsel)

SHARE

1 COMMENT

Leave a Reply