UPAYA mengembangkan sektor destinasi digital di Banten harus melibatkan semua kalangan, termasuk generasi muda, diantaranya dengan melibatkan Generasi Pesona Indonesia (GenPI) Banten dalam kegiatan peningkatan kapasitas SDM kepariwisataan.

GenPI yang merupakan sebuah komunitas yang dibentuk oleh Kementerian Pariwisata dimilai memiliki kontribusi aktif dalam mempromosikan pariwisata “go digital” melalui media sosial seperti blog, facebook, twitter, instagram, dan lainnya.

Kepala Dinas Pariwisata Banten Eneng Nurcahyati mengatakan, Dinas Pariwisata (Dispar) Provinsi Banten melibatkan GenPI untuk turut serta mempromosikan destinasi wisata di Banten. GenPI merupakan tempat atau wadah berkreatifitas anak muda yang akan membantu pemerintah dalam mempromosikan segala bentuk potensi wisata daerah termasuk mengembangkan destinasi digital seperti menciptakan pasar digital yang dapat meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan.

“Saat ini sudah serba digital sehingga kita haru mampu menguasai tekniknya. Dengan dihadirkannya praktisi, kegiatan ini bisa dijadikan sebagai momentum bagi Genpi untuk mengasah kemampuan diri dan menambah wawasan terkait bermedia sosial yang efektif,” katanya saat membuka Kegiatan Pengembangan 3 Subsektor Ekonomi Kreatif Provinsi Banten di Auditorium Dinas Pariwisata Provinsi Banten, KP3B, Kota Serang, Senin (26/2/2018).

Dijelaskan Eneng, peran GenPI sebagai generasi milenial saat ini memiliki pengaruh besar terhadap promosi destinasi wisata khususnya di Banten baik melalui postingan destinasi wisata di media sosial maupun menciptakan atraksi wisata digital seperti pasar Kampong Bekelir di Kota Tangerang.

“Generasi muda ini (Genpi-red) diharapkan bisa bersama mengawal kebijakan pemerintah yang dapat berperan serta dalam pembangunan pariwisata daerah,” ujarnya.

Sementara itu, Staf Khusus Kementrian Pariwisata (Kemenpar) Bidang Komunikasi Don Kardono mengungkapkan, GenPI adalah komunitas sukarelawan yang berbasis digital seperti sosial media yang bertugas mempromosikan berbagai destinasi wisata, event pariwisata hingga kebijakan pemerintah terkait perkembangan pariwisata.

“Ini merupakan salah satu upaya pemerintah untuk mempercepat perkembangan pariwisata melalui dunia digital yang sudah serba cepat. Genpi merangkul netizen yang bergerak di media sosial di semua platform, interest di bidang pariwisata yang akan membantu pemerintah dalam mempromosikan pariwisata,” jelasnya.

Kekuatan Sosial Media

Blogger sekaligus Akademisi Untirta Abdul Hamid menerangkan, sosial media merupakan saranan komunikasi yang sangat efektif dalam menyampaikan pesan atau informasi kepada masyarakat luas. Aktifitas di media sosial sudah memiliki pengaruh yang sangat besar dalam kehidupan sehari-hari sehingga masyarakat akan lebih bayak dan mudah mengakses informasi melalui jejaring internet tersebut.

“Sudah sangat tepat strategi pariwisata Indonesia menggunakan layanan internet. Pemasaran di media online tentu sudah terbukti efektifnya dalam menarik perhatian masyarakat,” ungkapnya.

Kepala Bidang Aplikasi Informatika dan Komunikasi Publik Diskominfo Provinsi Banten Dwi Yudo Siswanto menyebutkan, internet memberikan banyak kemudahan untuk menyebarluaskan informasi dan pemasaran produk yang cepat dan efisien kepada masyarakat sehingga pemanfaatan media sosial sudah banyak digunaskan sebagai sarana bisnis untuk saat ini termasuk menjual destinasi wisata.

“Kita harus cerdas, kreatif dan produktif di media sosial dengan mengunggah konten atau informasi yang bersifat positif. GenPI yang ikut serta mempromosikan wisata ini senantiasa menyuguhkan kreatifitas bermedia sosial yang menarik,” katanya.

Menurut Praktisi Fotografer Denny Herliyanso, karakter sosial media yang berpengaruh di Indonesia diantaranya, Youtube, Instagram, Facebook dan Twitter. Konten di media sosial tersebut tentunya harus didukung dengan tampilan gambar atau video yang menarik salah satunya dengan teknik fotografi untuk postingan gambar.

“Hasil foto yang baik sebenarnya sudah direncanakan, persiapan dalam memotret menjadi sangat penting dilakukan. Untuk membuatĀ  foto menarik harus diperhatikan tekniknya yaitu fokus, tampil beda (teknik, sudut foto, momen) dan memiliki cerita atau pesan yang disampaikan,” katanya.

Pada kesempatan tersebut, Dinas Pariwisata Provinsi Banten dan GenPI Banten secara resmi melaunching GenPI daerah Kabupaten Lebak, Kabupaten Pandeglang, Kabupaten Tangerang dan Kota Tangerang yang akan ikut berkontribusi dalam membangun pariwisata Banten yang turut dihadiri oleh Staf Khusus Kementrian Pariwisata (Kemenpar) Bidang Komunikasi Don Kardono dan Ketua Umum GenPI Nasional Mansyur Ebo. (SUKMA/GenPI Banten)

Tinggalkan Balasan