Menpar Sambar The Most Outstanding Achievement 2018 dari Panorama

0
34

JAKARTA – Lagi-lagi, Menpar Arief Yahya mendapat pengakuan dari industry Pariwisata. Marketeer of The Year 2013 versi Mark Plus itu dianugerahi gelar The Most Outstanding Achievement. Penghargaan ini diberikan oleh Panorama Group kepada menteri asal Banyuwangi, Kamis (1/2), pukul 19.00 WIB, di Ritz Carlton, Pacific Place, Jakarta.

Menteri Pariwisata Arief Yahya semakin terlihat kapasitasnya sebagai marketing andal. Dia tidak hanya ahli dalam konsepsi, tetapi juga mumpuni di implementasi. Kemenpar era Kabinet Kerja Presiden Joko Widodo dan Wapres Jusuf Kalla kali ini benar-benar memegang prinsip korporasi. Tidak lagi birokrasi. Dan semuanya diajak move on dengan menggunakan pola digital.

Hasilnya terasa. Indonesia sukses menggaet wisman Tiongkok dengan berkolaborasi bersama jaringan Baidu, Google-nya China. Selain itu, buzzer dan influencer dari mancanegara diajak untuk melakukan perjalanan di beberapa destinasi Indonesia sehingga bisa share di media sosial masing-masing.

Brand pariwisata Wonderful Indonesia juga ikut melesat. Dari tidak terdaftar, Not Available, menjadi ke urutan 47 dunia. Raihannya mampu menyalip Malaysia di posisi 96, dan Thailand di posisi 83. Kenaikan lainnya juga bisa dilihat dari peningkatan Indeks Daya Saing Wonderful Indonesia. Rangkingnya melesat naik 8 poin, dari posisi 50 besar dunia ke peringkat 42.

“Pak Menteri sangat menginspirasi. Dedikasinya membangun pariwisata Indonesia sungguh luar biasa. Kini pariwisata Indonesia tumbuh sangat bagus. Semua sektor berkembang,” ungkap Group CEO Panorama Group Budi Tirtayasa, Kamis (1/2).

Penghargaan dalam bentuk plakat/trofi ini diberikan bertepatan dengan ulang tahun Panorama Group yang ke-45. Mengusung tema ‘Indonesia and Asia Pacific Outlook Toward 2020’, Panorama memberikan 15 penghargaan. Selain Menpar, penghargaan juga diberikan kepada partner Panorama. Ada hotel, maskapai penerbangan, juga media.

“Penghargaan ini sebenarnya untuk internal. Tapi, kami juga memberikannya kepada beberapa rekanan. Nantinya, Pak Menteri akan menerima penghargaan pertama. Baru dilanjutkan dengan yang lain. Kami juga harus memberikan apresiasi kepada semuanya,” katanya.

Atas kolaborasi kerjasama dengan Kemenpar, Panorama tumbuh menjadi besar. Mereka bahkan memiliki target pertumbuhan penjualan di 2018 sebesar 20%. Mereka juga berencana mengembangkan sayap di apsar regional khususnya di ASEAN. Selain itu, Panorama juga mengembangkan inovasi dan teknologi digital.

“Kami tahun ini siap menggarap pasar ASEAN. Kami sudah buka kantor perwakilan di Thailand. Tahun lalu, kami juga sudah membeli perusahaan di Singapura. Nantinya memakai nama Panorama Destination,” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan